Resep Membuat Masakan Ikan Gabus Paling Lezat

ikan gabus


Gabus merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di rawa-rawa, sungai, dan perairan lainnya. Ikan ini berasal dari Sungai Amazon Afrika, ikan gabus juga terkenal sebagai ikan yang hidup di air kotor, Di alam ikan itu bisa sangat ganas, sehingga tak jarang ikan lain menjadi santapan enaknya.

Pada zaman dahulu, banyak orang yang tidak suka memakan ikan gabus, karena ikan ini memiliki bentuk tubuh yang tidak  biasa seperti ikan lainnya, di luar negeri ikan gabus dinamakan dengan Snake Head, atau ikan kepala ular.

Dibalik semua itu, siapa tahu ikan ini memiliki daging yang sangat enak, dengan rasanya yang sangat khas, hingga saat ini mampu membuat para pecinta ikan rawa semakin meningkat pesat. Bagi Anda yang penasaran bagaimana trik memasak ikan gabus, silahkan baca penjelasannya berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ikan gabus bumbu kuning pedas enak dan lezat:

1. 2 ekor ikan gabus
2. 4 sdm minyak
3. 2 buah jeruk nipis
4. 8 batang kemangi (petik daunnya)
5. Bahan dan Bumbu Ikan:
6. 4 buah bawang putih
7. 3 buah kemiri
8. 100 gr kenari
9. 8 buah bawang merah
10. 4 sendok jahe
11. 4 sendok kunyit
12. 2 batang daun sereh (geprek)
13. 4 lb daun salam
14. 1 sdm gula pasir
15. 1/2 sdm garam
16. 4 biji cabe merah keriting
17. 2 buah tomat merah (belah menjadi 4 bagian)
18. 10 buah cabe rawit (biarkan utuh)

Persiapan ikan gabus sebelum dimasak:

Hal utama yang harus kita lakukan yaitu membersihkan ikan yang hendak dimasak terlebih dahulu sebelum dibumbui menjadi hidangan nikmat dan lezat. Cara membersihkan ikan gabus, yang pertama kita akan melakukannya dengan membersihkan lendir pada tubuh ikan terlebih dahulu.

Caranya, pakailah abu gosok untuk membersihkan lendir hingga bersih, jika mau membersihkan noda bekas abu tersebut, Anda bisa melakukannya dengan membilas ikan memakai air bersih dan tidak lama ikan akan segera bersih.

Bersihkan juga sisik pada tubuh ikan. Langkahnya, gunakan sendok untuk mengerik sisik hingga terlihat mulus alias bersih. Selanjutnya bersihkan bagian moncong ikan dengan dipotong menggunakan pisau dapur hingga bagian ini terputus.

Setelah itu, bersihkan lagi bagian dalam perut ikan dengan cara membelahnya dan keluarkan jeroan ikannya dengan menggunakan tangan. Lalu bersihkan pula bagian dalam perut ikan dengan dibilas menggunakan air bersih.

Langkah seterusnya, silahkan potong-potong ikan menjadi dua bagian pada masing-masing ikan gabus ukuran sedang atau Anda bisa membelahnya sesuai dengan selera yang diinginkan.

Setelah menjadi beberapa bagian, silahkan berikan jeruk nipis dan sedikit taburan garam supaya bau amis yang menempel pada ikan bisa pergi dan menghilang.

Langkah Membuat Ikan Gabus Bumbu Kuning Pedas:

Pertama, silahkan haluskan bahan seperti bawang putih, bawang merah, kenari, jahe, kemiri dan juga cabai merah dengan menggunakan ulekan hingga terasa halus.

Setelah itu, panaskan wajan dan tumis bumbu halus tadi hingga mengeluarkan bau sedap. Lalu masukkan daun salam sekalian juga dengan tomat dan serai. Aduk-aduk hingga bahan ini layu.

Masukkan bumbu tadi ke dalamnya dan aduk-aduk lagi serta biarkan air kuah yang Anda masukkan mendidih.Masukkan ikan gabus ke dalamnya sekalian dengan cabai rawit, garam dan juga gula pasir. Masak beberapa menit dengan menggunakan api besar, kemudian kecilkan volume api dan masak hingga ikan matang secara merata.


Tambahkan daun kemangi ke dalam ikan dan 1 sdm air jeruk nipis untuk membuat rasanya semakin enak. Hm... Kini sajian ikan gabus bumbu kuning pedas sudah siap untuk diangkat dan disajikan untuk keluarga tercinta atau juga rekan-rekan Anda yang lain. Santaplah sajian ini selagi masih hangat supaya rasa enaknya semakin berasa lebih mantap.

Demikian teknik membuat ikan gabus bumbu kuning pedas yang lezat, semoga cara ini bisa ibu atau kawan-kawan buat di rumah dengan mudah dan pastinya enak dan wow.

Subscribe to receive free email updates: