Trik Menggoreng Ikan Nila yang Benar

ikan goreng
Ilustrasi: Vemale.com
Menggoreng ikan- Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang paling banyak dicari, pada masa dulu sekitar tahun 2003 ikan dari genus Oreochormis ini belum begitu banyak diminati, baik di dalam negeri maupun di negara lain. Seiring bergulirnya waktu, masyarakat mulai mengenal jenis ikan yang satu ini.

Bahkan ikan dengan nama latin `Oreochormis Niloticus` ini mulai dikembangbiakkan oleh para pelaku usaha perikanan mengingat permintaan pasar terus meningkat setiap harinya, ikan nila merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki daging yang enak, penuh gizi, bertekstur lembut, dan tidak banyak mengandung lemak.

Nila akan terasa enak apabila dimasak seperti membuat masakan ayam, namun jika digoreng ikan dari afrika ini juga tidak kalah maknyus, sekarang banyak  masyarakat indonesia yang menyukai ikan nila goreng, maka tak ayal jika di restaurant ternama ikan berduri punggung ini tidak luput dari menu hidangan.

Akan tetapi, sangat berat bagi kalangan yang memiliki budget pas-pasan untuk mencicipi masakan goyang lidah ini di tempat makan, tentu satu-satunya cara yang bisa kita lakukan  di rumah adalah dengan menggorengnya sendiri.

Bagi yang belum tau teknik menggoreng ikan nila yang enak dan renyah silahkan baca trik berikut ini: 

a. Siapkan Ikan nila segar
b. Garam

Langkah-Langkahnya 

1. Cuci bersih ikan nila-nya 

Silahkan bersihkan dulu sisiknya dan sisa perutnya dengan menggunakan pisau dapur, Sebelum melanjutkan ketahap berikutnya, ikan nila dilumuri dengan garam. Karena ikan itu sudah gurih jadinya hanya garam pun akan terasa sedap.

Lalu tunggu hingga garam meresap. Jangan terlalu lama agar tidak keasinan, dan tambahkan air jeruk nipis di atas permukaan ikan nila yang sudah duluan diiris dengan pisau, tujuannya adalah agar tidak bau amis.

 2. Goreng dan sajikan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menggorengnya sesuai dengan selera sobat, ini merupakan langkah yang terakhir sebelum ikannya siap untuk disantap dengan keluarga tercinta Anda. sebaiknya untuk mencoba ikan gorengnya jangan menunggu sampai dingin, karena selagi hangat rasanya belum berkurang. 


Subscribe to receive free email updates: