4 Nasehat Bijak Ali bin Abi Thalib


Ali bin Abi Thalib adalah salah satu sahabat nabi, beliau merupakan khulafaul Rasyidin, bagi ummat islam Saidina Ali bukanlah orang yang asing, bahkan Ali sudah dijadikan sebagai panutan dalam hidup orang islam, bagaimana tidak? Orang yang menbantu nabi itu memiliki pendirian yang kuat, kokoh, dan pantang menyerah.

Maka tidak heran jika banyak orang yang mengagumi anaknya Abu Thalib dan Fatimah itu, Ali bin Abi Thalib juga sering dijadikan sebagai sumber motivasi bagi generasi sekarang, tidak hanya saja dari kalangan santri dayah, anak kuliahan juga begitu menghormati beliau.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa kata-kata motivasinya untuk sahabat semua, mungkin sahabat sendiri juga sudah membacanya namun sudah lupa, atau untuk yang belum pernah membacanya, sekarang jadi tau. 

Apa saja pesan motovasinya yang pernah dikeluarkan Ali? Berikut ini kami akan menyajikannya untuk rekan-rekan setia.

1. "Siapa yang menyayangimu akan melarangmu (dari berbuat buruk), dan siapa membencimu akan menipumu." (Mengatakan keburukan sebagai kebaikan sehingga kamu melakukan keburukan itu).

2. "Jika engkau ingin bersahabat dengan seseorang, buatlah dia marah, maka jika dia tetap berlaku adil padamu dalam marahnya, jadikan dia sahabatmu, jika tidak demikian, tinggalkanlah ia."

3. “Kebenaran tidak dikenali dari manusia. Kenalilah kebenaran itu sendiri pastilah engkau akan mengenal siapakah yang berada di pihak yang benar."

4.  "Perhatikanlah orang-orang yang memberikan nasehat kepadamu, seandainya ia memulai dari sisi yang merugikan banyak orang, janganlah diterima nasehatnya dan berhati-hatilah darinya, namun jika ia memulai dari sisi keadilan dan kebaikan untuk orang banyak maka terimalah nasehatnya itu".

Itulah beberapa penjelasan tentang nasehat bijak Ali yang dapat kami tampilkan kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua yang ada di rumah atau di mana saja, oya jika ingin menmbahakan boleh sertakan di kolom komentar, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: